Rabu, 17 Oktober 2012

Apa sih Clay itu?

Banyak yang tanya ke saya "Apa sih clay itu?". Hmmm... agak sedikit bingung jawabnya. Karena yang saya gunakan adalah clay dari tepung, maka jawaban saya, clay itu adonan dari tepung kemudian bisa dibentuk dan proses pengeringannya tanpa harus dibakar. (Kayak roti ya, mesti dibakar? hahaha)

Sebenarnya clay itu banyak jenisnya, salah satunya polimer clay, nah kalo jenis clay yang ini mesti dibakar pada suhu tinggi sehingga bisa menjadi kering dan akhirnya keras. Ada lagi Jumping clay, kalo clay yang ini bisa dijumpai di toko buku. Jenis clay ini hasilnya ringan, tidak seperti clay yang dari adonan tepung. Hanya saja Jumping clay harganya mahal.

Untuk adonan clay dari tepung bisa dibuat sendiri. Bahannya:
- Tepung terigu : Tepung kanji : Tepung maizena
  Perbandingannya 1 : 1 : 1
- Lem kayu putih, cthnya lem fox
- Sedikit benzoat. Fungsi benzoat sebagai pengawet dan supaya hasil adonan clay kita tidak jamuran.

Susah-susah gampang sih buat adonan sendiri, harus sering-sering latihan. Kalau tidak, bisa jamuran. Pernah nih adonannya uda oke, uda kubentuk" sampai boneka. eeehhh tak taunya beberapa hari kemudian keluar warna hijau di boneka-boneka clayku, alias jamuran! So sad... Jadinya adonan clay itu semuanya kubuang. Hiks..

Kalau nggak mau repot, beli jadi aja adonan claynya. Yang biasa dijual itu Adonan dari Jepang, beraneka merek, ada juga yang dari Thailand, harganya lebih murah daripada yang Jepang (Ya iyalah.. :P). Nah yang paling murah itu dari lokal, tapi hasilnya bagus kok. Saya sendiri pakai adonan lokal, boleh diliat di postingan foto untuk hasilnya. Kalau mau pake yang Jepang kemahalan, tar nggak ada yang beli clay dari saya jadinya. hehehe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar